Perbedaan System FAT32 dan NTFS

Perbedaan System FAT32 dan NTFS

Perbedaan System FAT32 dan NTFSHallo sobat kharismanews, pasti hampir semua yang membaca artikel ini memiliki media penyimpanan seperti flashdisk, harddisk, Dan lain-lain. Dan kalian pasti familiar dengan kata NTFS dan FAT32. NTFS (New Technology File System) dan FAT32 (File Allocation Table), namun apakah kalian tahu perbedaan dari keduanya ? nah kali ini admin akan menjelaskan apa perbedaan dari system FAT32 dan NTFS

Perbedaan System FAT32 dan NTFS

1.Kompatibilitas Sistem Operasi

Dalam sistem file FAT32 bisa bekerja hampir disetiap OS yang ada sekarang yaitu Windows, Linux, Mac OS, Dan lain – lain. Sehingga saat kita berganti OS tidak perlu software pendukung untuk membuka file di dalam penyimpanan bersistem FAT32.

Sedangkan dalam sistem file NTFS ada beberapa OS yang tidak support sistem file tersebut yaitu OS Mac OS X, Mac OS X dapat membaca isi di dalam NTFS tetapi tidak dapat menulis data ke NTFS sehingga diperlukan software tambahan agar bisa menulisnya seperti Paragon NTFS for Mac.

2.Maksimum Per–file

Perlu diketahui bahwa file sistem FAT32 memiliki ukuran per-file maksimalnya yaitu sebesat 4GB saja, sehingga saat kita memasukkan file lebih dari 4GB ke flashdisk bersistem FAT32 maka akan muncul dialog File too large.

Sedangkan dalam file sistem NTFS memiliki ukuran per-file maksimalnya sebesar 16Exabyte atau setara dengan 16 miliar GB. Jadi kita akan lebih leluasa saat memasukkan file berukuran besar.

3.Jumlah File Maksimal

Media penyimpanan dengan sistem file FAT32 dapat menampung hingga 65.517 lembar file. Apapun ukuran dan jenis file FAT32 yang jelas bisa menampung 65.517 lembar file saja. Sementara NTFS dapat menampung lebih dari FAT32 adalah 4.294.967.295 buah file.

4.Minimum Per-File

Pada sistem file FAT32 ukuran cluster memiliki ukuran 32KB, jadi kita simpan file notepad kecil (misalnya 2KB) di FAT32 akan disimpan dengan ukuran file terkecil yaitu 32KB. Sehingga akan cepat menghabiskan perangkat penyimpanan.

Sedangkan sistem file NTFS clusternya berukuran lebih kecil dari FAT32 yaitu 4KB. Sehingga tidak cepat menghabiskan perangkat penyimpanan seperti FAT32.

5.Ukuran Partisi Maksimal

File system FAT32 memiliki ukuran partisi maksimum sebesar 2TB, jadi jika kita memiliki harddisk dengan ukuran 3TB namun diformat menjadi FAT32, maka percuma saja yang dapat terbaca hanya 2TB.

Sedangkan NTFS memiliki ukuran partisi maksimum yang lebih besar dibandingkan FAT32 yaitu 16Exabytes atau setara dengan 16 miliar GB, sehingga harddisk dengan ukuran 20TB pun akan terbaca.

6.Keamanan System File

File system NTFS bisa dikatakan aman karena memiliki fitur enkripsi data dan file permission. NTFS juga memiliki tingkat kemungkinan data corrupt yang rendah karena sistem akan menyimpan terlebih dahulu data agar tidak hilang sebelum melakukan pemindahan data, sehingga jika komputer mati tiba-tiba pada saat file sedang diwrite, sistem tidak akan membutuhkan waktu lama pada saat proses pengembalian data (recover).

Sebaliknya, pada file system FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi dan file permission. FAT32 juga memiliki tingkat data corruption yang tinggi, sehingga sering terjadi data corrupt dan bisa dikatakan FAT32 tidak terlalu aman dibandingkan NTFS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *