Cara Mengatasi File RAR Tidak Bisa di Ekstrak (Windows dan Android)

Cara Mengatasi File RAR Tidak Bisa di Ekstrak (Windows dan Android)

Winrar
Winrar

KharismaNews – Mungkin beberapa di antara kalian pernah mendownload file dengan ekstensi .rar, tapi mengalami masalah saat mengEkstraknya, hal ini disebabkan oleh banyak hal. Beberapa masalah biasanya berupa : file tidak bisa di ekstrak, file terproteksi password padahal saat mendownloadnya tidak tercantum password, file mengalami kerusakaan dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor saat mendownload atau faktor aplikasi Winrar itu sendiri.

Apa itu Winrar ? sebelum kita masuk ke topik pembahasan, admin akan membagikan sedikit tentang pengertian Winrar. Winrar adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Eugene Roshal, yang dirilis pada 16 Februari 2015, untuk versi 5.21. Winrar sendiri berfungsi sebagai “Pengepack“, atau dalam artian Mengpack file atau banyak file menjadi satu, sehingga mudah untuk dipindah-pindah. Winrar sendiri mengklaim bisa mengepack file menjadi lebih kecil sampai 40% dari ukuran semula, sehingga bisa menghemat penyimpanan anda. Aplikasi winrar pun tersedia secara gratis dengan lisensi freeware, dan bisa anda download Disini (Untuk PC) dan Disini (Untuk Android).

Berikut Tutorial Untuk Mengatasi File .rar tidak bisa di ekstrak :

1. File tidak bisa di ekstrak karena korup (unknown format or damaged)

Tentunya kalian pernah mendownload file rar dari internet, ntah itu isinya film, anime, game dan lain sebagainya. Biasanya saat kalian ekstrak akan mengalami error dengan notice “unknown format or damaged” hal ini biasanya disebabkan oleh koneksi anda yang tidak stabil saat mendownload, atau karena anda sering mempause saat mendownload. Apalagi anda yang suka mendownload di software download, karena kebanyakan software download memecah-mecah file saat didownload yang menyebabkan ada file rusak atau hilang.

Jadi untuk itu, saya sarankan untuk mendownload ulang file, dengan meminimalkan mempause file dan dengan koneksi yang lancar.

2. File saat di ekstrak meminta password, padahal tidak ada passwordnya

Nah, untuk hal ini, biasanya disebabkan oleh winrar anda/aplikasi rarlab anda belum up to date, atau masih di versi yang lama, hal ini disebabkan karena versi winrar saat mengpack file lebih tinggi daripada versi untuk mengekstrak file.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *